Alhamdulillah, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dari Tahun ke Tahun Semakin Turun

Kok turun? Bukankah pemerintah akan menaikkan ONH sebesar 450$?

Alhamdulillah tidak salah. Sekali lagi, apabila kita memandangnya dengan banyaknya rupiah/dolar yang harus disediakan untuk berhaji maka judul itu salah. Akan tetapi jika kita memandangnya dengan suatu alat perbandingan yang adil maka Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari tahun ke tahun semakin turun. Apakah alat perbandingan yang adil itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah emas. Emas diciptakan oleh Allah ‘Azza wa Jalla sebagai alat untuk menyimpan kekayaan, alat tukar dan juga alat pengukur nilai.

Saya masih ingat, dulu ketika ayah saya berniat menjalankan ibadah haji pada tahun 1997 yang sudah mampu melunasi ONH, kemudian karena alasan tertentu menunda pada tahun berikutnya. Akan tetapi ketika mendaftar di tahun 1999 kuota telah habis. Kemudian ketika mendaftar di tahun berikutnya, BPIH yang ditetapkan pemerintah pada tahun 1999 melonjak 250%, dari yang semula 8.5 juta menjadi 21.5 juta. Akhirnya pupuslah harapan ayah saya waktu itu. Perlu waktu 10 tahun kemudian akhirnya bisa berangkat setelah menabung sekian lama.

Sebenarnya hal seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi jika ayah saya pada tahun 1997 mengkonversikan uang yang dimiliki menjadi Dinar Emas 24k. BPIH tahun 1997 maupun tahun 1999 jika dikonversikan ke dalam dinar tetap sekitar 60-70 dinar. Bahkan di tahun 1998, jauh dibawah itu karena pemerintah masih menggunakan standar BPIH tahun sebelumnya sebelum krisis moneter. Di tahun-tahun berikutnya, BPIH yang ditetapkan pemerintah jika dikonversikan ke dinar semakin menurun. Pada tahun 2002, tercatat BPIH yang ditetapkan pemerintah setara dengan 60 dinar. Dan tahun ini meskipun mengalami kenaikan yang cukup signifikan, BPIH yang ditetapkan pemerintah hanya kurang dari separuhnya. Dengan 30 dinar anda sudah bisa berangkat naik haji tahun ini. Gambar 1 menunjukkan jumlah dinar yang dibutuhkan untuk naik haji dan perbandingannya dengan BPIH yang ditetapkan pemerintah dalam rupiah.

 

Dari gambar tersebut, terlihat dari tahun ke tahun BPIH dalam bentuk rupiah semakin mengalami kenaikan. Sementara jika BPIH dalam bentuk Dinar Emas 24k, semakin turun. Bahkan penurunannya terbilang cukup tajam. Dengan trend seperti itu, bukanlah hal yang mustahil beberapa tahun mendatang kita bisa berangkat naik haji hanya dengan 10 dinar. Amiin…

6 Responses to “Alhamdulillah, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dari Tahun ke Tahun Semakin Turun”

  1. salam.
    terimakasih infonya.
    btw, sekarang pastinya berapa harganya mas

  2. Wa’alaikumussalam…
    Untuk info harga setiap hari berubah-ubah mengikuti harga emas yang dikeluarkan PT Antam. Anda dapat mengecek harga setiap hari di kanan atas web ini.
    Terimakasih :)

  3. Assalamualaikum,
    Langsung saja…saat ini imbas krisis global-kan juga terasa effect-nya di Indonesia,jika saya ingin berinvestasi melalui dinar emas,bagaimana harganya saat ini & prospek kedepannya jika krisis global ini berlangsung seperti krisis tahun 1998?…apakah jika rupiah kita melemah terhadap dollar amerika,berarti harga dinar emas juga akan ikut turun?..mohon penjelasannya…

  4. Harga dinarEmas24k mengikuti harga emas di PT. Antam. sedangkan harga Antam mengikuti harga emas dunia yang (saat ini) dihargai dengan dollar. Apabila rupiah melemah terhadap dollar, maka DinarEmas24k insyaalloh justru naik sebab DinarEmas24k acuannya adalah dollar.

  5. Harga emas dalam web ini mengikuti harga dunia ( dollar ) tetapi mengapa terus turun. Bila akan dijual kembali, maka nilainya akan jauh berkurang karena kurs rupiah yang melemah . Mohon penjelasan

  6. Perlu diinformasikan kembali bahwa harga dinar dalam web ini mengikuti harga emas yang dikeluarkan oleh PT Antam setiap harinya. Harga emas itu sendiri memang fluktuatif, saat ini harga emas dunia memang sedang jatuh dan itu melebihi dari pelemahan rupiah terhadap dolar.