FAQ

FAQ (Frequently Asked Question)

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh pengunjung web ini.

1. Apakah DinarEmas24k itu ?
Yang dimaksud DinarEmas24k adalah koin emas seberat 4.25 gram yang memiliki kadar 24 karat atau 99.99% fineness. Dan saat ini di Indonesia hanya PT Antam yang mampu memurnikan emas mencapai 99.99% yang telah memperoleh pengakuan di dunia internasional.

2. Apakah DinarEmas24k sama dengan Dinar Irak yang marak beredar saat ini?
DinarEmas24k sama sekali berbeda dengan Dinar Irak. Dinar Irak hanyalah mata uang negara Irak yang tidak memiliki nilai intrinsik. Sedangkan DinarEmas24k memiliki nilai intrinsik yang diakui oleh orang-orang seluruh dunia.

3. Mengapa harga DinarEmas24k lebih mahal dari harga dinar emas lain?
DinarEmas24k memiliki kadar 24 karat atau 99,99%. Sedangkan harga dinar emas lain berkadar kurang dari 24 karat.

4. Bagaimana menentukan keaslian DinarEmas24k?
DnarEmas24k selalu dilengkapi sertifikat dari Logam Mulia (Unit Bisnis PT Antam). Selain itu tidak ada logam mulia lain yang mempunyai berat DAN dimensi sama jika dibuat menjadi dinar. Artinya jika kita membuat dinar yang kadarnya kurang dari 24 seberat 4,25 gram maka bentuknya pasti lebih besar. Begitu juga jika memiliki bentuk yang sama, maka dinar yang bukan 24k akan memiliki berat yang lebih ringan.

5. Siapa yang mengendalikan fluktuasi harga DinarEmas24k?
Harga DinarEmas24k mengikuti fluktuasi harga emas dunia dalam bentuk US$, Euro, dsb yang menyebabkan harga DinarEmas24k dipengaruhi juga oleh pergerakan rupiah relatif terhadap mata uang negara-negara lain.

6. Apakah Harga DinarEmas24k selalu berfluktuasi seperti harga emas?
Meskipun harga dinar juga berfluktuasi, namun untuk memudahkan dalam proses traksaksi, harga DinarEmas24k akan diupdate berdasarkan harga dasar yang dikeluarkan PT Antam.

7. Apakah harga DinarEmas24k akan selalu naik?
Karena berfluktuasi mengikuti harga emas dunia, DinarEmas24k mengalami naik turun untuk jangka pendek. Namun demikian untuk jangka panjang harga emas hampir dipastikan naik. Sudah sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu emas mengalami kenaikan 25-50%/tahun meskipun juga mengalami koreksi namun pada akhirnya tetap akan kembali ke angka semula bahkan akan terus naik lagi dan tentu saja akan berimbas pada harga DinarEmas24k.

8. Apakah saya akan mengalami kerugian jika harga emas turun drastis?
Jika harga emas turun anda tetap tidak akan rugi. Mengapa? karena kekayaan anda sebenarnya tidak berubah. Emas adalah barang riil dimana jika terjadi penurunan harga emas, maka tetap saja anda akan dapat membeli barang-barang yang dapat dibeli sebelum kenaikan harga dengan selisih yang tidak terlalu signifikan. Misalnya anda memiliki 1 DinarEmas24k, dimana saat ini seharga seekor kambing maka jika terjadi penurunan harga Emas Dunia, DinarEmas24k anda akan tetap seharga seekor kambing. Jadi pembanding yang tepat adalah barang riil yang lain, bukan mata uang yang nilainya adalah kosong.

9. Jika saya membeli DinarEmas24k, apakah stoknya selalu tersedia?
Secara jujur, kami tidak dapat menjamin ketersediaan stok karena tingginya minat masyarakat terhadap DinasEmas24k. Tapi kami berusaha selalu ready stok kapanpun pembeli ada yang tertarik datang ke kami.

10. Kemana DinarEmas24k akan saya jual jika membutuhkan uang cash?
Karena DinarEmas24k bernilai emas, maka anda dapat menjualnya di toko emas mana saja di seluruh dunia. Apalagi DinarEmas24k disertai sertifikat keaslian dan kemurnian dari PT Antam yang berstandart internasional. Namun demikian kami dapat pula melakukan buy-back sebatas kemampuan yang kami miliki agar konsumen DinarEmas24k memperoleh harga yang memuaskan.

11. Dimana saya dapat menyimpan DinarEmas24k?
Untuk jumlah kecil saya sarankan cukup disimpan di rumah layaknya anda menyimpan perhiasan. Namun untuk ketenangan Anda, Dinar dapat disimpan di Safe Deposit Box di bank dengan harga yang cukup terjangkau mulai Rp.150.000/tahun. Selain itu juga dapat dititipkan di pegadaian dengan tarif sekitar Rp.10.000/bulan untuk setiap 100gr (23,5 dinar).

12. Jika www.DinarEmas24k.com tidak beroperasi lagi atau bangkrut, kemana DinarEmas24k bisa saya jual?
Karena anda memiliki barang yang bernilai riil, seperti halnya kambing, tanah, dan sebagainya, maka anda tidak perlu khawatir dengan DinarEmas24k anda. Meskipun anda melancong ke luar negeri sekalipun maka DinarEmas24k anda tetap akan ada toko emas yang mau membeli DinarEmas24k anda sesuai dengan harga emas yang berlaku saat itu.

13. Bagaimana zakat harta atas DinarEmas24k?
Zakat Maal (Harta) yang menjadi patokan nishab (batas wajib zakat) yang sebenarnya adalah dinar. Jika anda telah memiliki 20 Dinar dan telah menyimpannya selama 1 tahun maka anda telah menjadi wajib zakat sebesar 2,5%.

14. Bagaimana saya memperoleh dinar?
Untuk Anda yang berdomisili di kota-kota berikut anda dapat langsung membeli dengan menghubungi mitra kami. Sedangkan untuk yang berdomisili di luar kota tersebut kami mohon maaf sebab pembelian DinarEmas24k harus taqobudh, yaitu serah terima di tempat, bila tidak maka akan terkena hukum riba.

Dalil dua keterangan ini adalah hadits ‘Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahu ‘anhu, yang diriwayatkan oleh Muslim (no. 1587). Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيْرُ بِالشَّعِيْرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلاً بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ اْلأَجْنَاسُ فَبِيْعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

“Emas dengan emas, perak dengan perak, burr dengan burr, sya’ir dengan sya’ir, kurma dengan kurma, garam dengan garam, harus semisal dengan semisal (tamatsul), tangan dengan tangan (taqabudh). Namun bila jenis-jenis ini berbeda, maka juallah terserah kalian (dengan syarat) bila tangan dengan tangan (kontan).”

Dengan demikian kami mohon maaf bagi anda yang tertarik pada DinarEmas24k, tapi berada di luar jangkauan kami. Kami berusaha melebarkan jangkauan kami dengan membuka distributor-distributor di kota-kota lain. Apabila anda ingin memiliki DinarEmas24k namun berada di luar jangkauan distribusi kami, maka saran kami adalah anda meminta saudara, teman, kerabat anda yang berdomisili di tempat distributor kami untuk melakukan transaksi secara tatap muka bersama kami, kemudian DinarEmas24k tersebut baru dikirimkan ke tempat anda oleh saudara, teman, kerabat anda tersebut.

Comments are closed.