Konsultasi

Tanya:
Assalaamu ‘alaikum,
Saya saat ini berusia 25 tahun. Saya merencanakan akan menunaikan ibadah haji bersama Istri pada saat usia 35 tahun. Bagaimana cara saya menabung yang efektif dan aman sehingga saya mampu mewujudkan rencana saya bersama Istri pada tahun yang telah saya rencanakan?
Y di Bandung.

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh,

Pak Y yang saya hormati,
Saya turut merasa bangga dengan anda yang di usia dini telah merencanakan kebutuhan di masa depan. Perencanaan di usia dini akan memudahkan kita dimasa mendatang, Insya Allah. Menurut pengamatan kami untuk kebutuhan ibadah haji 2 orang, insya Allah, 60 Dinar lebih dari cukup meskipun ada kenaikan ONH dari waktu ke waktu. Dengan rentang waktu selama 10 tahun (120 bulan) ke depan yang anda programkan, maka anda dapat menabung berupa dinar setiap bulan sebesar 1/2 dinar atau 2 bulan sekali menabung 1 dinar. Insya Allah, anda berdua bisa berangkat pergi haji pada usia yang anda rencanakan.

Catatan:
ONH yang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun itu karena pembanding kita adalah uang kertas yang nilainya selalu turun. Logikanya dari waktu ke waktu berbagai macam barang yang ada seharusnya harganya turun. Mengapa? Karena teknologi yang telah tercipta sedemikian canggihnya mampu melakukan penghematan sumber daya manusia dan juga mampu melakukan efisiensi yang cukup signifikan. Sebagai contoh, Harga Ayam pada tahun 90an masih berkisar dibawah 10ribu Rupiah. Berbagai teknologi pertenakan telah ditemukan sehingga mampu melakukan penghematan dan efisiensi waktu bahkan inovasi yang dapat menghasilkan produksi ayam yang meningkat drastis. Tetapi anehnya yang kita alami dari tahun ke tahun justru kenaikan harga. Itu karena pembandingnya adalah mata uang kertas yang nilainya selalu turun. Jika kita membandingkan dengan logam mulia, emas atau perak misalnya, maka disitulah kita akan menemukan hasil dari penghematan dan inovasi tadi.

Demikian juga dengan ONH. Kenaikan yang terjadi tiap tahun sebenarnya tidak logis. Bukankah setiap saat ada penemuan penghematan, efisiensi, serta inovasi baru?. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan, dengan 60 Dinar, dimasa mendatang anda bisa jadi bisa pergi haji bersama anak anda karena ikut menikmati hasil dari penghematan, efisiensi, dan inovasi dari proses haji. Sedangkan bagi anda yang menabung dalam bentuk uang kertas, bisa jadi uang sebesar 75jt hari yang bisa memberangkatkan 2 orang, malah justru 10 tahun yang akan datang anda sendiri saja tidak mampu berangkat haji.

<Mohon maaf, karena banyaknya komentar & pertanyaan yang belum kami proses, maka untuk sementara konsultasi kami tutup. harap maklum>

One Response to “Konsultasi”

  1. Ass……….wr….wb

    1. apa kelebihan beli dinar emas 24K dgn emas batangan?
    2. untuk harga yg di pojok kanan itu termasuk brp dinar?
    3. apa beda serta ukuran nominal 1 dinar dan 2 dinar?
    4. mohon info detilnya.
    terima kasih

    waalaikumussalam